Pemakaian Internet Berlebih Picu Depresi Remaja

19:20 Posted In , , , Edit This

SEJAK dini, orangtua bersikeras untuk memperkenalkan internet pada anak. Tapi waspadalah, karena penggunaan internet berlebihan terkait dengan depresi pada remaja.

Remaja yang log in (mengakses internet) sedikitnya lima jam sehari memiliki risiko 1-1,5 kali lebih besar untuk depresi dibandingkan remaja yang menggunakan internet dalam jumlah sedang. Demikian berdasarkan penelitian di China yang dilansir okezone dari NY Daily News, Rabu (4/8/2010).

Kaum muda yang menghabiskan waktu berlebihan untuk surfing web tumbuh gelisah ketika tidak berada di depan layar dan menurun minat untuk berinteraksi sosial, menurut co-author Lawrence Lam studi dari School of Medicine University of Notre Dame, Sydney.

"Sebagian (remaja) menghabiskan lebih dari 10 jam sehari, mereka benar-benar pengguna berat yang menunjukkan gejala dan tanda-tanda perilaku adiktif ... browsing internet, berkutat dengan games," kata Lam.

"Mereka tidak bisa berhenti memikirkan internet, mereka merasa gelisah jika tidak kembali usai rehat dari internet," tambahnya.

Lebih lanjut Lam mengatakan, remaja pengguna berat internet juga tidak ingin menghabiskan waktunya bersama keluarga, tidak ingin bergaul dengan teman-teman, dan tidak tertarik untuk menghadiri acara keluarga.

Penelitian ini melibatkan 1.041 remaja berusia 13-18 di Guangzhou, China yang tidak mengalami depresi di awal penelitian. Ketika dinilai sembilan bulan kemudian, 84 remaja dinyatakan menderita depresi. Mereka adalah penggunaan internet berlebihan. Para peneliti menyimpulkan, remaja yang paling rentan terhadap depresi adalah pengguna internet berlebihan. Penelitian sendiri telah dipublikasikan di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine.

"Hasil (penelitian) menyarankan bahwa orang-orang muda yang pada awalnya bebas dari masalah kesehatan mental tetapi menggunakan internet secara berlebihan, mengembangkan depresi sebagai konsekuensinya, " tulis Lam.

Mengapa berselancar di internet menyebabkan kesedihan? Bisa jadi akibat kurangnya aktivitas menutup mata (tidur).

"Orang-orang yang menghabiskan begitu banyak waktu di internet akan kehilangan waktu tidur dan ini adalah fakta yang sangat teruji bahwa semakin seseorang kurang tidur, maka semakin tinggi kemungkinannya mengalami depresi," kata Lam.

sumber website lifestyle.okezone. com

INDAH FASHION
MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,
BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS, BUY 1 BRANDED WOMAN&MAN BIG DISCOUNT (GUESS,ETC). NEW&REASONABLE
Web, http://indahfashion.blogspot.com
e-mail : sweetye_indah@yahoo.com
http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com
http://indahmoney.blogspot.com
info pengobatan tradisional, http://indaherbal.blogspot.com
http://indahcareer.blogspot.com

fashion branded, http://butikbranded.com

(Buy 1 bag,wallet branded price ok+big disc. Reseller super big disc)

Fan FB, Indahfashion-Shop
https://twitter.com/Indahfashion



Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website