GERAKAN SENAM HAMIL

01:30 Posted In , Edit This


GERAKAN SENAM HAMIL



Berikut sebagian dari senam hamil (
www.tabloid-nakita.com) :

Catatan:

  • sebelum senam sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter kandungan apakah diperbolehkan senam ato tidak, ada beberapa teman yg kehamilannya bermasalah antara lain plasenta previa atau sempat bed rest tidak diperkenankan untuk mengikuti senam hamil
  • gunakan pakaian yang fleksibel dan cukup nyaman untuk gerakan2 senam
  • senam hamil bisa dimulai kapan saja sesuai petunjuk dokter, tapi menurut aku siy paling nyaman dilakukan setelah memasuki trimester ketiga
  • senam hamil minimal dilakukan sekali dalam seminggu, RS yang menyediakan senam hamil antara lain RS. Harapan Bunda dan RSIA Hermina
  • senam hamil yang dakuw jalanin sekitar 1 jam tapi diselingi dengan informasi2 penting dari Bu Bidan, soalnya bumil kan gampang ngos-ngosan belum lagi musti bolak-balik kamar mandi :)
  • senam hamil sangat bermanfaat , antara lain: * memperbaiki sirkulasi darah * mengurangi bengkak-bengkak * meningkatkan keseimbangan otot-otot * mengurangi risiko gangguan gastrointensitenal, termasuk sembelit * mengurangi kejang kaki/kram * menguatkan otot perut * mempercepat penyembuhan setelah kehamilan dan yang terpenting Ibu Bidan juga memberikan informasi2 penting seputar kehamilan, menyusui, dan perawatan bayi baru lahir...tapi yang paling berkesan adalah ketemu sesama ibu hamil yang seperjuangan sesusah sesenang jadi perasaan menjadi lebih enteng karena bisa sharing antar bumil getuw...
  • menurut cerita beberapa teman, pas hari H mereka malah lupa apa yg sudah diajarkan pas waktu senam hamil, akibat terlalu panik, untuk itu para suami juga harusnya belajar juga tentang senam hamil biar nanti bisa mengingatkan istrinya pas waktu bersalin tiba...

Gerakan2 Senam Hamil:

  • Senam diawali dengan pemanasan. Tujuannya, "Agar peredaran darah di tubuh meningkat dan oksigen yang dibawa ke otot-otot dan jaringan tubuh bertambah. Selain itu, juga untuk menjaga kemungkinan terjadinya kejang atau luka akibat gerakan-gerakan senam selanjutnya."
  • Tahap berikut adalah latihan pernapasan melalui dada dan perut. Ini amat berguna untuk mengurangi rasa sakit saat mulas. "Para ibu juga dilatih mengejan, melatih otot-otot payudara, kaki agar tidak kram. Melatih postur tubuh agar dapat duduk, berdiri, dan tidur dengan nyaman pada saat hamil, dan lainnya."
  • Di pelajaran terakhir, umumnya diberikan latihan kerut yang gunanya untuk mengerutkan kembali otot-otot sehabis melahirkan nanti (www.tabloid-nakita.com)

Posisi berdiri dan tangan di pinggang, gerakkan leher ke kanan dan kiri untuk meregangkan otot leher.








Latihan dasar kaki dengan menggerakkan telapak kaki ke depan dan ke belakang guna membantu sirkulasi vena dan mencegah pembengkakkan di kaki.





Tidur telentang dengan satu kaki lurus dan satu kaki ditekuk kemudian dorong kembali ke depan. Lakukan bergantian dengan kaki lainnya. Gunanya untuk latihan dasar panggul.


Berbaring dengan posisi miring. Angkatlah kaki perlahan-lahan lalu turunkan. Lakukan bergantian dengan kaki satunya. Gunanya untuk menguatkan otot paha.




Berbaring telentang, kedua lutut dipegang dengan tangan, kemudian tarik nafas dan berlatih mengejan (lihat juga tips2 mengejan).





Sikap merangkak, letakkan kepala di antara ke dua tangan, lalu menoleh ke samping. Selanjutnya turunkan badan sehingga dada menyentuh kasur. Bertahanlah pada posisi ini selama 1 menit.
Note : Cocok sekali untuk Ibu yang bayinya masiy belum masuk
pinggul/sungsang.


Suami bisa diminta untuk membantu memijat daerah pinggang, punggung, dan bahu untuk melepaskan ketegangan dan memulihkan nyeri otot.



Note: Photo2 senam hamil dan teks bersumber dari www.tabloid-nakita.com, abis mo photo sendiri gag PD ney :)


Ada tips2 mengejan dari ibu bidan yang mengajari senam:

  1. Diusahakan mata tidak merem saat mengejan, soalnya pembuluh darah di mata bisa pecah.
  2. Terus pas ngeden mulut tidak boleh kebuka, tidak boleh teriak2, karena menghabiskan tenaga. Terus jangan ngeden kalau belum disuruh dokter/bidannya, karena menyulitkan keluarnya bayi. Bukaannya belum penuh 10 cm, jadi bayi sulit keluar dan banyak robekan di jalan lahir. Akhirnya ibunya banyak jahitan.
  3. kalau pas kontraksi atur pernafasannya.
  4. Ngedennya bukan lewat leher tapi perut.
from : u2n.blogspot.com

TIPS TAMBAHAN INDAH FASHION UNTUK MEMBANTU KELAHIRAN:
Sebaiknya ketika memasuki usia 7 bulan konsultasikan kepada dokter kandungan, apakah kandungannya tidak bermasalah jika melakukan senam hamil. Karena senam hamil sangat membantu pernafasan untuk mengejan.

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP


SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES,

MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING UNDERWEAR,LINGERIE,CORSET

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (OSHKOSH,ETC)
WOMAN DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB : http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

visit money info, http://indahmoney.blogspot.com

Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website