HOAX

02:22 Posted In Edit This


HOAX

Artikel dapat dari E-Mail:

Banyak orang belum mengetahui apa itu HOAX dan seberapa besar bahaya HOAX itu?

Dulu waktu saya belum ngerti bener, apakah makhluk yang namanya HOAX itu, saya sempet ngeri dan langsung percaya aja ama HOAX. Ngeri dan takut ama ancamannya. HOAX kok mengancam ya? Apa dia semacam teroris?

Teroris kok bisa bikin penuh inbox?

Jadul (baca: Jaman Dulu) sebelum ada teknologi email, yahoo messenger dan sms, kita kenal yang namanya istilah “surat menyurat”. Rupanya si mister HOAX ini, sudah menampakkan dirinya sejak JADUL. Kalo JADUL, om HOAX ini muncul dalam bentuk satu lembar surat (hardcopy), “surat berantai” istilahnya. Isinya bukan seperti ancaman peledakan bom yang dilakukan teroris, tapi isinya dibuat sedemikian rupa sehingga yang menerima surat itu merasa takut dengan resiko di ancamannya kalau tidak segera mengirimkan surat tersebut ke minimal 10 orang yang dikenal. Modus operandinya seperti ancaman. Coba saja lihat kata-kata yang ditulis di akhir suratnya “barangsiapa menerima surat ini tanpa mengirimkannya ke 10 orang lainnya, dia pasti akan dimakan buaya”. Dulu saya sempet takut juga, waktu itu saya masih SD, yang namanya anak SD ya pasti takut ama buaya, orang gede aja takut, gimana anak-anak?

Terus di suratnya itu, ditulis juga “barangsiapa mengirimkan surat ini, akan dapat rejeki nomplok, semua usahanya sukses dan diberkati Tuhan”.

Siapa juga yang gak mau semua usahanya sukses dan dapat rejeki nomplok? Makanya dulu saya sempat terpancing juga untuk mengirimkan ke 10 orang lagi. Tapi karena keterbatasan dana (anak SD mana punya duit banyak untuk bikin surat dan mengirimkan ke 10 orang lain?..hehe..), ya akhirnya saya cuma bisa berdoa, semoga gak dimakan buaya. Hehe…

Kalau saya ingat sekarang, secara logika nih, kalo kita tidak mengirimkan surat itu, dan tidak dekat-dekat buaya (kecuali buaya darat kali..), ternyata sampai sekarang tetep aman terkendali dan Tuhan tetep berkati saya tuh..! Tuhan gak pernah hitung-hitung berapa surat yang kita kirim untuk memberkati kita. Bukan karena alasan itu, Tuhan memberkati orang. Bukan karena menuruti kemauan orang untuk mengirim surat ke banyak orang !

Itu tadi cerita saya waktu JADUL soal HOAX.

Salah satu ciri khas HOAX yang saya tau adalah timbulnya efek berantai. Ya.. Memang itulah maksud dan tujuan HOAX. Tanpa peduli isinya, HOAX menginginkan penerimanya untuk mengirimkan surat itu ke semua orang. Itulah yang saya sebut efek berantai atau efek forward. Sekarang saya jadi sempet mikir, jangan-jangan HOAX JADUL itu, bisa-bisanya orang kantor POS ya, supaya perangkonya laku. Hehe…

Dari cerita panjang lebar tadi, kita bisa ambil kesimpulan, makhluk apakah yang namanya HOAX itu?

HOAX itu adalah berita bohong yang bisa tersebar lewat surat, email, yahoo messenger maupun sms. Tidak peduli apapun isinya, yang pasti ada EFEK FORWARD di akhir ceritanya.

Kalau lewat email, tujuan utamanya adalah membanjiri internet dengan berita-berita palsu sehingga penerima atau jalur lintasan yang dilewati email menjadi terganggu (mengutip http://wiki.direktif.web.id). Istilah yang dekat juga dengan hoax adalah legenda urban (urban legend)

HOAX biasanya berisi:

  1. Email berisi iming-iming hadiah

Email jenis ini biasanya berisi keterangan agar segera mengirimkan email ke sebuah alamat dengan tujuan untuk

  • Mendapatkan hadiah atau promosi produk
  • Menyelamatkan seseorang yang sedang dioperasi - konon setiap email yang masuk ke alamat tersebut akan menambah donasi sekian dolar atau sekian rupiah untuk pasienSebagian besar email jenis ini adalah hoax atau bohong. Jika dipikir secara kewajaranpun sangat tidak mungkin sebuah perusahaan besar seperti Ericsson atau Microsoft misalnya, melakukan promosi lewat email tanpa pemberitahuan resmi apapun di situs web mereka atau media massa lainnya. Cara paling mujarab untuk mengetahui kebenaran undangan ini adalah mendatangi situs resmi produk yang dimaksud dan mencari berita tersebut. Jangan mengirim pertanyaan kepada orang/pihak yang beralamat email yang dimaksud di dalam pesan ajakan tersebut.
  1. Email berisi pemberitahuan adanya virus baru

Termasuk dalam kategori ini adalah pemberitahuan worm, resiko keamanan di pager seperti yahoo! Messenger, atau juga berita akan dipasangnya fasilitas baru di sebuah situs. Pemeriksaan kebenaran berita di dalam email tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Periksa nama atau alamat email penerima pesan tersebut. Umumnya, semakin banyak jumlah penerima, semakin besar kemungkinan email tersebut tidak benar
  • Cari bagian email yang ebrisi ajakan untuk mengirimkan pesan tersebut ke orang lain sebanyak mungkin. Biasanya diimbuhi penjelasan bahwa hal itu adalah aksi penting. Jika ditemukan bagian seperti ini, sudah hamper pasti ini email HOAX. Yang jelas: JANGAN MENURUTI ANJURAN SIAPAPUN UNTUK BEGITU SAJA MENGIRIMKAN EMAIL KE BANYAK ORANG.
  • Jangan terburu-buru memberitahu orang lain atau “mailing list” apabila anda ogah mempelajari lebih jauh isi email tersebut.
  • Periksa kata kunci yang disebut di dalam email tersebut dan tanyakan ke “Paman Google”. Coba cari di www.google.com
  • Gunakan hasil pencarian di atas untuk mendapat informasi yang valid dari situs informasi tentang virus atau produk antivirus, missal www.symantec.com
  1. Email berisi informasi kesehatan dan lingkungan

contoh:

  • Air Hangat dan Kanker
  • Bahaya Lensa Kontak
  • Leptospirosis pada Kaleng Minuman
  • Kandungan Thimerosal pada vaksin Hepatitis B dapat mengakibatkan autis
  • Serba Serbi Kanker
  • Yang Berbahaya di Sekitar Kita (yang ini ada sebagian kecil beritanya benar, dan sebagian besar HOAX)
  • Bahaya Coca-Cola dan Pepsi (kalo yang ini, karena saya penasaran, saya coba sendiri di kost, saya beli coca cola dan permen mentos, dan ternyata setelah saya campurkan di gelas, tidak ada reaksi apa-apa tuh.., sampe sekarang permen mentosnya masih banyak dan coca-cola udah habis saya minum. Hehe..)
  • Air Tawar Segar di Kedalaman Samudera
  • Cerita Palsu Mandi Bola
  • Daging Tikus Serupa Daging Ayam
  • Jarum HIV
  • Planet Mars Bulan Purnama
  • Kangkung dan Lintah (cerita ini membuat sebagian teman-teman saya jadi tidak mau makan kangkung! Hehe..)
  • Merk Lipstik yang Berbahaya (kalau berita ini, saya pasti gak akan kena imbasnya, karena walaupun berbahaya atau tidak, saya alergi ama yg namanya lipstick.)
  • Mouse Optical Dapat Menyebabkan Kanker
  • Mohon Doanya: Gempa dan Tsunami 7 Juni (sebenernya khan ini email tahun 2006 dalam rangka menyambut gempa Jogja tahun 2006, tapi kok ya tahun 2007 beredar lagi)
  1. Email berisi informasi yang bernuansa keagamaan

Berita yang dikutip biasanya dibumbui ajaran yang terkesan sahih, namun hampir semua dilebih-lebihkan, tidak berdasar (terkadang malah bertentangan dengan ajara utama agama tersebut) dan kemungkinan menakut-nakuti pembacanya. Pesan dibumbuhi dengan pahala bagi yang meneruskan pesan tersebut dan ancaman bagi yang membiarkan tidak menyampaikan kepada orang lain. Email jenis ini sering beredar pada momen-momen keagamaan, misalnya: permulaan Ramadhan dan menjelang Natal.

  • April Mop Sejarah Muslim
  • Pesan Jibril Menjelang Ramadhan
  • Suara dari Alam Kubur
  • Tragedi WTC dan Surat At Taubah
  • Wingdings dan Tragedi WTC
  • Novena 1 menit

Hal-hal yang mencurigakan di awal

Beberapa hal yang mencurigakan:

  1. Subyek ditulis dengan huruf capital semua. Huruf capital berarti tanda teriak. Pengirim informasi yang benar, tidak perlu berteriak-teriak meminta perhatian
  2. Ada ajakan untuk mengirimkan pesan tersebut ke banyak orang. Coba kita amati bagian: “Kirimkan pesan ini kepada semua teman anda. Saya rasa bahwa sebagian besar orang, seperti saya sendiri lebih suka mendapat peringatan ini 25 kali daripada tidak sama sekali.”
  3. Jangan mau bersikap seperti itu..Informasi yang benar, tidak perlu dikirimkan berkali-kali lewat email. Demikian pula, informasi resmi tentang virus selalu menyebutkan URL situs Web yang dapat digunakan sebagai rujukan, bukan meminta mengirimkan email ke setiap orang.
  4. Beberapa kalimat dibuat tendensius atau hiperbolis (dibesar-besarkan), seperti “VIRUS PALING JAHAT, Microsoft, McAfee.

HOAX biasanya mempunyai ciri-ciri sbb:

  1. topik yang unik (misalnya komputer, kesehatan, keuangan, kemanusiaan)
  2. masalah yang kira-kira akan membuat orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan teman-temannya.
  3. menggunakan istilah ilmiah dan sudah diketahui banyak orang, beserta angka-angkanya.
  4. kadang ada alamat kantor berita di internet, biar keliatannya serius.
  5. ada kata-kata ajaib: ” sekedar untuk berjaga-jaga, temanku sudah kena 2 hari yang lalu. Tolong teruskan ke orang-orang yang anda sayangi
  6. efek forward

Kalau mau info lebih lanjut mengenai hoax, bisa kunjungi ke situs http://hoaxbusters.ciac.org/. (di sana banyak dijelaskan mengenai sejarah dan tujuan HOAX, pengertian HOAX dll dsb).

Dari baca judul websitenya aja, saya sudah bisa senyum-senyum sendiri, kalo ada ghostbusters dan ada hoaxbusters, berarti hoax = ghost dan ghost = hoax.

Hehehe..

Kalau JADUL, HOAX itu sama dengan surat berantai, pasti akan menghabiskan duit, kalau jaman sekarang pakai email atau sms, kalau email pasti bikin penuh inbox, kalo sms sama juga berat di ongkos !

Kesimpulannya: gak semua berita yang elo dengar itu benar !!!

Tidak semua berita yang anda terima itu benar !

REFERENCE: WEB johanfirdaus.zo-ka01.com

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com



Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website