Ketika hoax (berita rekaan) melanda

02:27 Posted In , , , , , , Edit This
KETIKA HOAX(BERITA REKAAN) MELANDA
Ditulis oleh: Ecko Manalu 27 Nov, 2007 Indonesia

Hoax, atau yang dalam bahasa awamnya dikenal sebagai suatu ‘fakta’ yang ternyata bukan fakta, hanya rekaan saja, hingga saat ini masih sangat sering beredar di kehidupan sehari-hari.
Bahkan, meski sudah banyak dari kabar bohongan ini yang sudah tergolong basi, tetap saja masih banyak yang ‘ketipu’ bahkan sangat gencar menyiarkan kabar-kabar bohongan ini.

Beberapa hoax terkenal yang beredar di dunia ini seperti :

1. Memasukkan Pin ATM terbalik akan memberi tanda bahaya kepada Polisi.
Versi lengkapnya adalah, ketika kita dirampok dan dipaksa mengambil uang dari ATM, maka masukkanlah nomor PIN dengan terbalik, maka itu akan memberikan tanda bahaya kepada Polisi, dan segera Polisi akan hadir secepatnya ke lokasi ATM tsb.
Pertanyaan untuk menentang hal ini adalah, misalkan pin ATM kita adalah 8888, maka, bagaimana caranya memasukkan angka tersebut secara terbalik ?

2. Bermain biola itu bahaya. Senarnya sangat kencang dan jika putus saat dimainkan, maka besar kemungkinan akan kena ke mata dan bisa mengakibatkan kebutaan.
Bagi sebagian orang, kedengarannya ’seperti’ masuk akal, namun sebenarnya gak juga sama sekali. mengapa ? sebab desain pemasangan senar biola telah diatur sedemikian rupa sehingga ketika putus tidak akan pernah kena ke mata.
3. Kebanyakan minum Coca-Cola akan dapat mengakibatkan pengikisan usus maupun dinding lambung.
Hal ini dibantah oleh sumber ini yang menyatakan
pH minuman cola 2.5 sedangkan Jus Lemon 2.4, Cuka 2.9, Jus jeruk/apel 3.5, pH normal 7.0. Hal yang perlu dikhawatirkan dari softdrink justru adalah kerusakan gigi
Saya mau menambahkan, satu lagi bahaya yang masuk akal dari kebanyakan minum Coca Cola atau soft drink lainnya adalah, ‘kanker’, alias ‘kantong kering’ :D

Masih banyak lagi contoh2 dari hoax alias kabar2 yang kedengaran seperti logis, namun sebenarnya penuh kebohongan, yang beredar di kehidupan dan tidak banyak juga dari masyarakat yang bahkan menganggap itu sebagai ‘knowledge databasenya’ atau perbendaharaan ilmunya dan tidak sungkan2 membagikannya ke masyarakat.

Ini masih di level berita2 yang tersebar secara ngawur dan simpang siur lewat internet yang biasanya disebarkan lewat surat berantai. Bagaimana apabila sampai ke level sebuah buku ?
Saya berikan satu contoh adalah ketika “Masaru Emoto” lewat bukunya “The True Power of Water”, yang telah dirilis ke berbagai negara dan telah membesarkan nama Masaru. Dalam bukunya dia seolah menganggap bahwa “Air” adalah mahluk hidup juga yang dapat bereaksi dengan kejiwaan manusia. Dia melengkapi tulisannya dalam buku itu dengan metode2 ‘hampir ilmiah’ yang sebenarnya tidak ilmiah sama sekali.

Masaru Emoto dan karyanya, hanya satu contoh dari juga sekian banyak hoax yang telah dituliskan dalam buku. Masih banyak lagi hoax lainnya yang bahkan telah dituliskan dalam buku dan bahkan bertahan berabad2. Saya akan berikan ilustrasi lainnya.
Manusia saat ini hanya mampu menggunakan 10% dari kemampuan otaknya.
Mengenai ini, telah dibantah juga dalam sebuah buku “The Great Myth” yang saya juga lupa judulnya, namun dapat dibuka juga secara online lewat web snopes.com dengan memasukkan kata kunci brain.
Pernyataan di atas seolah mengatakan bahwa manusia yang sebenarnya masih memiliki sekitar 10 kali lipat lagi kemampuan yang lebih hebat dari keadaan manusia pada lazimnya saat ini. Hal ini dipatahkan dalam web tersebut.

Tak jadi persoalan sebaik apakah hoax itu disajikan, lewat buku, lewat ‘fakta’ yang kedengaran seperti fakta, lewat penelitian2 hampir ilmiah, dan banyak cara lainnya, hoax tetaplah hoax.

Persoalannya saat ini adalah, bagaimana kita menyikapi hal ini ?
Say Thanks to Om Google, yang sudah berkali-kali menyelamatkan Saya ketika mendengar beberapa berita bohong2an sejenis seperti ini. Kita dapat menggunakan Google untuk mengklarifikasi berita yang belum diakui kebenarannya. Tinggal ketikkan kata kuncinya di searh bar, jika beruntung kita akan mendapatkan konfirmasi akan kebenaran berita tsb. Untuk kata kunci, hasil pencarian google mengenai hoax yang akan kita konfirm akan lebih baik jika menggunakan kata kunci bahasa inggris.

Jika juga tidak menemukan konfirmasi dari hoax tsb, maka anda dapat membuka banyak situs2 yang ditujukan untuk menampik kabar2 tidak benar seperti itu.
Ex :

1. Snopes.com
2. Hoax Slayer
3. Hoax Wordpress bahasa Indonesia

Jika tak kunjung juga menemukan konfirmasi dari hoax tersebut yang dapat kita lakukan adalah analisis sendiri kelogisan dari kabar tersebut, dan jangan langsung memercayai kabar tersebut.
Menurut ciri2 nya, biasanya hoax itu disebarkan dengan cara yang menggemparkan, disertai sedikit bukti yang dibuat-buat juga, biasanya juga disebarkan lewat message berantai, seperti sebarkan ini ke rekan2 anda jika anda menyayanginya .

Demikianlah cara2 yang dapat anda lakukan ketika hoax melanda. Biasakanlah hidup dengan kritis, semoga hidup anda steril dari hoax :)

Beberapa karya hoax lagi :

1. Kanker pada lipstick
2. UDANG DAN VITAMIN CJangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan Keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang Dan Vitamin C di dalam tubuh Dan berakibat keracunan yang
fatal dalam Hitungan jam.
3. MI INSTANUntuk para penggemar MI instan, pastikan Anda punya selang waktu paling Tidak 3 (tiga) Hari setelah Anda mengkonsumsi MI instan.
4. Bahan pengemas Styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan Yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan Bahwa Styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer Styren ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran Dan Tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut Juga mampu mempertahankan panas Dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, Mempertahankan kesegaran Dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih Aman, serta ringan. Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang Mengungkapkan bahwa residu Styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu Itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang Terjadi akibat adanya gangguan pada system endokrinologi Dan reproduksi Manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

Semua sanggahan untuk kabar2 tak benar tersebut dapat anda lihat secara lengkap di :
Situs : Betul-betul Berita Bohong yang ditulis oleh banyak kontributor di Indonesia.
REFERENCE: WEB blog.ngetrend.com

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR ,

BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES
DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE

SHIPPING AROUND THE WORLD
WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website