Cara Tepat Simpan dan Gunakan Obat (2)

18:41 Posted In , , , , , , , , , , , Edit This

Sebelum atau Sesudah Makan

Pemberian obat dan waktu mengkonsumsinya, juga dipengaruhi profil masing-masing obat. Tergantung bagaimana reaksi tubuh terhadap profil kimia dan fisika obat.

Namun secara umum, penyerapan obat yang diberikan per-oral akan optimal jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong atau sebelum makan.

Pada kondisi ini obat akan lebih cepat mencapai usus halus (tempat penyerapan obat yang paling utama) serta lebih lengkap diserap. Dengan demikian konsentrasi yang masuk ke dalam sirkulasi darah menjadi optimal.

Sayangnya beberapa obat ada yang dapat menyebabkan efek iritasi pada lambung, seperti obat pereda nyeri dan anti radang non steroid (aspirin, asam mefenamat, asam diklofenak) sehingga sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

Begitu pula suplemen yang memerlukan waktu transit di saluran cerna lebih lama, seperti vitamin B12, sebaiknya diminum setelah makan agar penyerapannya lebih sempurna.

Pada kasus tertentu, obat dikonsumsi berdasarkan siklus fisiologis tubuh tertentu, seperti obat kolesterol (simvastatin) yang harus dikonsumsi malam hari. Dikarenakan siklus pembentukan kolesterol optimum pada malam hari dan perlu dihambat dengan zat aktif tertentu. Sedangkan konsumsi obat tertentu bisa diletakkan di bawah lidah, seperti obat antiangina (untuk serangan penyempitan pembuluh koroner jantung), karena akan langsung diserap pembuluh darah halus di bawah lidah tanpa melalui sistim pencernaan dan hati. Dengan demikian kerjanya akan jauh lebih cepat dan optimal.

Tak Harus di Lemari Pendingin

Sedangkan untuk penyimpanan obat, bisa dilakukan dengan menutup rapat kemasan obat. Jangan menyimpan obat yang sudah rusak kemasannya. Bila tablet dikemas dalam aluminium foil, sebaiknya tidak menyimpan tablet yang kemasannya sudah terbuka.

Atau bila obat dalam sediaan suspensi, upayakan botol tertutup rapat, jangan terkena ataupun terkena tetesan air. Simpan obat sesuai petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan, misal dalam suhu 15-25 derajat Celcius. “Tidak semua obat perlu masuk pendingin, kecuali vaksin dan sediaan supposituria (obat per-anal, red.),” tegas Nico.

Hal lain yang perlu diperhatikan, hindari paparan sinar matahari atau udara bebas secara langsung pada obat. Perhatikan pula masa penyimpanan obat. Untuk obat sediaan suspensi (sirup) sebaiknya tidak disimpan terlalu lama atau tidak lebih dari 2 minggu. Bila obat berbahan aktif antibiotik, sebaiknya dihabiskan saja sesuai petunjuk dokter.

Penyimpanan tablet yang masih utuh dalam kemasan aluminium foil dapat disimpan dan digunakan sampai sebelum masa expired. Sedangkan kapsul masih dapat dikonsumsi selama masih utuh dalam botolnya, belum berubah bau, warna dan tetap kering.

Jangan menyimpan puyer, karena campuran obat umumnya tidak stabil dan mudah bereaksi terhadap udara bebas dan kelembapan udara.

Prinsipnya, sebaiknya tidak menyimpan obat terlalu lama seperti sirup atau kapsul yang dikemas dalam botol jika telah pernah dibuka atau dikonsumsi. "Tapi, kalau masih baru dan belum pernah diminum, tidak masalah asalkan masih dalam masa penggunaan atau belum expired,” papar Nico.

Cermati Kemasan Obat

Ketika menerima obat baru atau memeriksa obat dari lemari obat, perhatikan keutuhan kemasan dan tanggal expired. Sebaiknya hati-hati jika menerima obat dari apotik dalam bentuk guntingan-guntingan yang tidak utuh.

Misalnya potongan isi 3 tablet ditambah potongan isi 5 tablet ditambah lagi potongan 2 tablet untuk total tablet 10 biji. Sebaiknya tolak saja, untuk mewaspadai pemberian obat bekas yang pernah ramai diberitakan beberapa media beberapa waktu lalu.

Perhatikan pula kemasan obat ketika menerima obat berkemasan (dengan kertas petunjuk penggunaan, red.) maupun obat bebas. Bacalah terutama pada bagian indikasi obat. Jangan gunakan obat jika tidak sesuai dengan gejala dan diagnosis penyakit, meski banyak orang menyatakan obat tersebut efektif.

Jangan lupa cermati special percaution (petunjuk khusus), karena ini berisi hal-hal yang dapat menimbulkan komplikasi selama menggunakan obat. Contoh special precaution: bagi penderita tekanan darah tinggi, kencing manis, migrain, dsb. Berhati-hatilah jika Anda memiliki kondisi tersebut.

Ini bukan berarti Anda tidak dapat mengonsumsinya, namun dapat terjadi gejala dan atau perburukan keadaan tersebut. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih ketika mengonsumsi obat itu. Bila terjadi intoleransi, segera hentikan penggunaannya!

Jangan lupa membaca dan mewaspadai kontraindikasi, karena peringatan ini mutlak tidak bisa digunakan pada keadaan yang tertera. Jika diabaikan, dapat terjadi efek obat yang berakibat fatal.

Perhatikan juga dosis, anjuran dan aturan pakai obat, kecuali ada pertimbangan lain dari dokter yang meresepkannya. Dokter mungkin saja memberikan dosis dan aturan pakai yang berbeda karena pertimbangan kompetensi dan profesionalismenya.

Laili Damayanti

sumber web Tabloidnova

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR , BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES,DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE,BRANDED WOMAN&MAN (LV,ETC), ORIFLAME

WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com

http://indahbrand.blogspot.com

Facebook : http://www.facebook.com/pages/Indahfashion-Shop/189310348521

Twitter, https://twitter.com/Indahfashion

Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website