JANIN TAK BERKEMBANG VS JANIN TERGANGGU2

01:36 Posted In , , , , , Edit This
JANIN TERGANGGU
Gangguan pada janin bukan monopoli trimester pertama. Bisa saja terjadi di kehamilan trimester kedua atau di atas 6 bulan (sekitar 24 minggu). Kasus ini disebut perkembangan janin terganggu (PJT).

*Beda dengan janin tidak berkembang karena pada janin tersebut ada organ-organ tubuhnya. Hanya pertumbuhannya saja yang terhambat. Maksudnya, janin ini sudah merupakan bayi kecil tetapi tumbuhnya tidak sesuai dengan usianya," jelas Anita. PJT nantinya bukan hanya mempengaruhi ukuran tubuh bayi saja. Lantas apa saja penyebabnya?

* Intake atau asupan makanan dan oksigen kurang berkualitas. Padahal, makanan diperlukan untuk proses penyempurnaan organ.

* Kurangnya mengatur pola hidup, istirahat, dan makanan, pasti akan menganggu penyerapan dan proses aliran oksigen. Alkohol dan rokok pun bisa berpengaruh buruk.

* Seorang ibu yang memiliki masalah dengan organ tubuhnya, misalnya paru. Hal ini mengakibatkan janin tidak bisa menyerap 100% oksigen dengan baik. Penyakit pada si ibu akan mengganggu suplai oksigen atau metabolisme sehingga makanan yang masuk tidak diserap. Hal ini mengakibatkan berat badan si ibu tidak bertambah.

* Schizophrenia dan gangguan halusinasi.
PJT biasanya harus dipantau secara baik oleh dokter, tidak bisa hanya dipantau bidan. Sebab, dokter harus mencari dan menghilangkan faktor yang menyebabkan PJT.

Selain itu perlu juga dilakukan USG serial, dalam arti dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan di tempat tertentu untuk membandingkan perkembangan janin.

Tekanan darah di daerah janin dan tali pusar juga perlu dilihat. Hal ini untuk melihat apakah tekanan darah di daerah tersebut terlalu besar sehingga suplai ke bayi seperti "ditolak". Dalam arti, suplai makanan yang seharusnya kencang, malah pelan.

BISA DICEGAH
Janin tidak berkembang dan perkembangan janin terganggu dapat dicegah, kok. Berikut caranya.

- Periksa pranikah
Lakukan juga pemeriksaan pra kehamilan (cek infeksi dan ACA). Jika memang ada infeksi atau lainnya, bisa segera diterapi. Terapi sebelum kehamilan adalah paling baik dan ideal, agar kondisi ibu cukup siap lahir dan batin.

- Lakukan terapi
Jika seorang ibu sudah mengalami keguguran dan diketahui menderita infeksi tertentu, coba tunda dulu kehamilan berikutnya dan lakukan terapi. Pencegahan kehamilan bisa dengan kondom atau menghindari masa subur.

- USG serial
Jika terlanjur hamil dan ternyata ada masalah, lakukan terapi. Tidak ada kata terlambat untuk terapi daripada nantinya berakibat jelek pada si bayi. Sebaiknya pemantauannya secara lebih baik terutama dengan USG serial.

- Jangan stres
Tetap berusaha dan jangan putus asa. Rasa putus asa otomatis akan membuat faktor stresor tinggi dan mempengaruhi kesuburan.

HARUS DIKURET
Jika janin dinyatakan tak berkembang, harus dilakukan penguretan. "Janin tidak berkembang harus dikeluarkan karena jelas-jelas tidak berkembang. Bagaimana pun seorang ibu mencoba mempertahankan, tidak ada gunanya. Karena oleh tubuh, janin itu sudah dianggap asing atau benda mati, otomatis secara psiologis, reflek tubuh akan mencoba mengeluarkannya.. Sehingga biasanya si ibu akan mengeluarkan flek-flek dan memang harus dikuret," papar Anita.

Jika janin yang tidak berkembang disebabkan infeksi, sesudah dikuret harus diterapi untuk menghilangkan infeksi tersebut agar hal tersebut tidak berkurang. Jika telah dilakukan pemeriksaan berulang dan dinyatakan bersih dari infeksi, baru boleh hamil.

Keadaan si ibu tetap harus dipantau lagi. Begitu hamil, biasanya akan dilakukan pemeriksaan ulang untuk melihat titer dari antibodinya, cenderung ada kenaikan atau tidak. Karena kemungkinan infeksi ini muncul lagi, tetap ada.
sumber web Tabloid Nova

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR , BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES,DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE,BRANDED WOMAN&MAN (LV,ETC), ORIFLAME

WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com

http://indahbrand.blogspot.com

Facebook : http://www.facebook.com/pages/Indahfashion-Shop/189310348521

Twitter, https://twitter.com/Indahfashion


Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website