SAKIT MAG, PUASA ATAU TIDAK?

01:51 Posted In , , , , Edit This

Bolehkah penderita mag berpuasa? Tergantung. Ada sakit mag yang sembuh saat puasa, tapi ada juga yang makin parah. Nah, Anda termasuk penderita mag yang mana?

"Ayo makan, kalau telat nanti bisa mag, lho," begitu orang sering bilang. Di bulan Puasa, bukan cuma telat, perut malah dikosongkan selama sekitar 13 jam. Orang pun lantas menduga, kalau telat saja bisa mag, apalagi dikosongkan belasan jam, tambah parah, dong. Namun, menurut Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, MMB dari bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI, dugaan seperti ini tidak selalu berlaku.


SEPERTI APA, SIH MAG?

KLIK - DetailMag adalah penyakit yang menyerang alat pencernaan, baik lambung, usus, maupun kerongkongan. Tandanya, ada rasa tidak nyaman, sakit di ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan nafsu makan berkurang. Pada kasus tertentu, ciri-cirinya sakit di bagian perut hingga serasa menusuk ke belakang, di malam hari. Atau rasa nyeri yang cepat datang dan pergi, misalnya setelah makan sedikit, rasa nyeri hilang, tapi sebentar kemudian kambuh lagi.

Bisa juga berupa luka di kerongkongan, diiringi panas yang terasa membakar naik, mulut pahit, dan sering bersendawa. Ini disebabkan terlalu banyak mengonsumsi lemak dan sedikit serat. Pola makan yang kurang baik ini bisa menyebabkan adanya klep di kerongkongan, dan menimbulkan rasa tidak nyaman jika asam lambung naik ke kerongkongan.

Mag disebabkan pola makan yang tidak teratur, stres dan bakteri Helicobacter Pylori. Stres bisa memacu meningkatnya asam lambung. Sedangkan Helicobakter Pylori akan menimbulkan gangguan di lambung dan usus 12 jari. Kuman yang hanya tinggal di lambung ini berkembang akibat mengonsumsi makanan atau air yang tidak bersih. Pada keadaan parah, bisa mengakibatkan pendarahan dan mag yang kronis. Bahkan, kalau tidak diobati, bisa menjadi kanker lambung.

PARAHKAH MAG ANDA?
Ada dua jenis kelainan pada mag, yakni dispepsia fungsional dan organik. Dispepsia fungsional hanya ditandai oleh kelainan minimal, seperti kemerahan pada alat pencernaan. Sedangkan kelainan organik lebih parah, yaitu berupa luka dalam di lambung, usus 12 jari, atau kerongkongan. Juga disertai polip serta tanda-tanda keganasan.

Kita tidak bisa mengenali tingkat keparahan mag hanya dengan mengamati gejalanya. Pasalnya, setiap orang memiliki sensitivitas dan psikis yang berbeda. Ada orang yang lambungnya hanya kemerahan sedikit saja tetapi merasakan sakit yang luar biasa. Sebaliknya, ada yang tetap dapat bekerja dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa, padahal lambungnya sudah luka parah.

Orang yang mengonsumsi obat rematik selama lebih dari sebulan biasanya juga tidak menyadari kalau lambungnya luka parah. Gangguan baru disadari setelah ia mengalami pendarahan. Dalam keadaan normal, ada keseimbangan antara faktor agresif yang merusak lambung dan depensif yang melindungi lambung. Obat rematik umumnya menyebabkan penipisan dinding lambung yang akan mengganggu keseimbangan dua faktor tadi.

Kelainan pada alat pencernaan hanya bisa dilihat dengan cara endoskopi (teropong saluran pencernaan atas). Dari pemeriksaan ini akan terlihat, apakah alat pencernaan menderita luka atau tidak.

PUASA MEMPERPARAH MAG?
Puasa tidak selalu menyembuhkan mag. Pada saat puasa, pola makan akan berubah, karena hanya diperbolehkan makan di pagi dan menjelang malam hari. Perut dibiarkan kosong selama sekitar 13 jam. Biasanya, tubuh perlu beradaptasi selama 3 - 5 hari. Tapi, meski perut kosong belasan jam, tak perlu khawatir. Tubuh tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas, lantaran kita memiliki cadangan gula berupa lemak dan glikogen.

Yang jadi masalah, pada saat lambung kosong, pengeluaran asam lambung dan gas akan semakin meningkat. Tapi hal ini tak berlangsung terus-menerus. Pada penderita kelainan organik yang tidak mengonsumsi obat, puasa cenderung akan membuat mag semakin parah. Pasalnya, luka dalam sudah berlangsung cukup lama. Untuk penderita kelainan organik, obat yang dianjurkan adalah obat anti-asam. Obat ini mampu menekan produksi asam lambung hingga 12 - 24 jam. Akan tetapi, obat ini hanya didapat dengan resep dokter. Sedangkan obat mag yang dijual bebas adalah obat penetral asam, yang hanya mampu menetralkan asam selama sekitar 6 jam, sehingga gejala mag akan timbul setelah jam tersebut. Obat anti-asam juga dianjurkan untuk penderita mag akibat stres.

Ini berbeda dengan kelainan fungsional. Biasanya, mag jenis ini justru sembuh dengan berpuasa. Pasalnya, pola makan lebih teratur dan berkurangnya mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gas. Nah, jadi, sebelum berpuasa, ada baiknya periksa dulu mag Anda.


PERHATIKAN KONSUMSI MAKANAN
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan selama berpuasa, sebaiknya saat sahur, orang yang berpuasa mengonsumsi makanan sebanyak 30 - 40 kal/kilogram berat badan. Jika Anda memiliki berat badan 50 kg, artinya paling tidak Anda mengonsumsi 1500 - 2000 kal.

Pilihan makanan pun harus diperhatikan. Ada beberapa makanan yang patut dihindari. Apa saja?

- Makanan atau minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5 - 20 persen, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu. Orang yang biasa minum kopi sebaiknya sudah mulai puasa minum kopi jauh sebelum hari puasa. Pasalnya kopi memiliki efek candu yang menyebabkan adanya perubahan pada kondisi tubuh.

- Makanan yang mengandung gas, seperti makanan berlemak, sayuran tertentu seperti sawi dan kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan, dan minuman bersoda.

- Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti makanan berlemak, kue tart, dan keju. yang merangsang.

- Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. Selain itu, ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari penderita sakit mag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, tales serta dodol.

- Sebaiknya berbuka puasa dengan jenis minuman manis. Minuman manis sangat mudah dicerna. Dua jam saja, prosesnya sudah selesai. Selain itu juga membuat segar.

Ari juga menyarankan agar penderita mag melakukan beberapa tindakan, di antaranya:

- Tetap melakukan latihan fisik secara teratur sesuai kemampuan. Latihan fisik yang cukup dan teratur akan membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Selain itu, olahraga menghindarkan stres. Ingat, kondisi mental erat hubungannya dengan kondisi pencernaan, lho. Paling tidak, dengan latihan fisik, ada pelemasan otot tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Pilih juga olah raga yang tidak menguras banyak keringat, karena bisa menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah banyak.

- Tidur setelah dua jam sahur. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari naiknya asam lambung ke kerongkongan. Saat itu lambung masih berisi makanan. Makanan bisa lancar turun ke saluran lain dalam posisi tegak. Sedangkan dalam posisi tidur, makanan akan sulit turun dan dikhawatirkan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Ini akan menyebabkan iritasi pada pasien yang punya kelain pada klep kerongkongannya.


PENELITIAN MEDIS DUNIA TENTANG PUASA
- Berdasarkan penelitian di Amerika, puasa terbukti tidak akan memperburuk kondisi penderita penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes melitus, asalkan penderita tetap mengonsumsi obat.

- Penelitian di Paris menyimpulan, saat puasa, asam lambung dan pepsin meningkat dan akan normal setelah Ramadhan berakhir.

- Di Turki, jumlah wanita penderita gangguan pada usus 12 jari lebih banyak dari pria di bulan puasa.

- Dari Indonesia, penderita mag yang akut akan bertambah parah kondisinya jika berpuasa.

sumber web nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=1842

INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR , BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES,DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE,BRANDED WOMAN&MAN (LV,ETC), ORIFLAME

WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com

http://indahbrand.blogspot.com

Facebook : http://www.facebook.com/pages/Indahfashion-Shop/189310348521

Twitter, https://twitter.com/Indahfashion

Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website