Persiapan Melahirkan Bayi Kembar

01:15 Posted In , , , , , , Edit This
Foto : Corbis

SEMUA kehamilan, baik kehamilan tunggal maupun kembar, memiliki risiko. Hanya saja, hamil kembar memiliki risiko lebih besar.

Pada kehamilan kembar, Anda akan mengalami perubahan fisik yang sama seperti ibu hamil (bumil) lain. Namun, karena tubuh Anda menopang lebih dari satu bayi, rasa tidak nyaman akan terasa lebih berat, antara lain karena kenaikan berat badan lebih cepat.

Hal ini juga menambah kesulitan lain seperti sakit punggung, sesak napas, dan sering berkemih. Anda juga lebih rentan terhadap rasa nyeri pada perut, sembelit, dan bengkak. Penambahan beban pada jantung, paru-paru, dan ginjal mengakibatkan Anda merasa lebih cepat lelah.

Anda tak perlu cemas menjalani kehamilan kembar Anda. Berpikir positif. Jika orang lain yang hendak punya dua anak harus hamil dua kali, Anda hanya perlu sekali, bukan? Yang Anda butuhkan adalah kesiapan fisik dan mental, baik selama kehamilan, saat persalinan maupun pasca persalinan.

Berikut ini beberapa saran yang bisa dilakukan sebagai persiapan bagi ibu yang hamil kembar.

1. Terapi nutrisi. Ini harus diterapkan bagi semua bumil kembar, tak peduli berapa berat badannya untuk memastikan pertumbuhan janin optimal dan berat badan lahir lebih tinggi. Maklum, BBLR atau berat badan lahir rendah adalah salah satu masalah pada kelahiran kembar.

2. Makanlah diet seimbang termasuk padi-padian, produk susu, buah, dan sayur segar, makanan kaya protein, seperti ikan, ayam, daging, keju, kacang-kacangan, dan telur. Ingat, Anda memerlukan sekira 1,5 kali lebih banyak daripada bumil tunggal.

3. Banyak minum air putih. Minumlah delapan sampai sepuluh gelas air perhari untuk mencegah dehidrasi. Jika dokter memberikan suplemen penambah darah, minumlah secara teratur untuk mencegah anemia dan sekaligus sebagai nutrisi untuk kedua janin.

4. Banyak istirahat. Kehamilan kembar menambah beban tubuh Anda sehingga Anda perlu banyak istirahat. Seringlah berbaring agar aliran darah ke plasenta meningkat dan pertumbuhan janin lebih pesat. Jika Anda termasuk wanita berbanyak aktivitas, pertimbangkan cuti lebih awal.

5. Kontrol kehamilan secara teratur. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa merasa lebih tenang karena kehamilan kembar Anda dimonitor secara teratur, sehingga dapat membantu menurunkan risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi. Carilah rumah sakit dengan fasilitas dan sarana persalinan yang lengkap sehingga mempermudah bila terjadi sesuatu.

6. Siapkan mental. Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati. Jangan sungkan membicarakan segalanya dengan pasangan. Tak kalah penting, rencanakan apa yang akan Anda lakukan setelah kelahiran si kembar. Setelah kelahiran, Anda dan pasangan akan disibukkan kehadiran si kecil, karena itu persiapan dan perencanaan awal akan membantu Anda untuk mempersiapkan dan mengatasi segalanya dengan lebih baik. Mintalah dukungan suami dan juga keluarga Anda.

7. Cari dukungan positif. Hindari cerita-cerita menyeramkan tentang kehamilan kembar. Lebih baik simak cerita dan pengalaman positif dari orang yang pernah hamil anak kembar.

8. Gandakan biaya. Ada baiknya Anda bersiap-siap secara finansial. Kehadiran seorang anak jelas memerlukan tambahan biaya, apalagi mendapatkan dua atau tiga anak sekaligus. Jadi, gandakan saja biaya perawatannya. Sebaiknya Anda mulai menyediakan biayanya mulai sekarang.
(Mom& Kiddie//nsa)

sumber web lifestyle.okezone.com


INDAH FASHION

ONLINE&OFFLINE SHOP
SALE MATERNITY/BIG SIZE& BREASTFEEDING CLOTHES/UNDERWEAR , BABY UNTIL 5 YEARS BRANDED (CUBITUS,ETC) CLOTHES,DRESS,WOMAN JEANS PANTS NEW&REASONABLE,BRANDED WOMAN&MAN (LV,ETC), ORIFLAME

WEB , http://indahfashion.blogspot.com
e-mail:sweetye_indah@yahoo.com

Also visit, http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com

http://indahmoney.blogspot.com

http://indaherbal.blogspot.com

http://indahcareer.blogspot.com

http://indahbrand.blogspot.com

Facebook : http://www.facebook.com/pages/Indahfashion-Shop/189310348521

Twitter, https://twitter.com/Indahfashion


Custom Search

PUT INDAH FASHION BANNER

FEED BURNER

growurl

GrowUrl.com - growing your website